KHASIAT MINUM AIR PUTIH UNTUK KESEHATAN


Air putih berguna untuk menjaga cairan tubuh agar tidak dehidrasi, tapi lemak di tubuh bisa juga terbakar oleh air putih tersebut, walau tanpa olahraga. Sebab AIR putih dapat meningkatkan Metabolisme dalam tubuh.

Metabolisme yang lancar dapat mempengaruhi berat badan secara perlahan, sebab sistem pembakaran pada tubuh akan lebih baik. namun untuk membuat sistem tersebut maksimal perlu pengolahan waktu untuk minum Air putih secara tepat dan teratur.

Bisa di sebut ini adalah diet dengan air putih, mungkin ini akan jadi pilihan yang tepat untuk kamu yang tidak ingin atau malas olah raga. adapun hal yang perlu di perhatikan dalam diet ini adalah :

1. Minum 1-2 gelas setelah bangun tidur 

Pada saat tubuh istirahat maka akan terjadi proses regenerasi sel-sel pada tubuh dan detox racun-racun dalam tubuh. proses pelepasan racun membutuhkan energi yang sangan banyak, maka tubuh akan memerlukan banyak cairan untuk menghindari terjadinya dehidrasi

Minumlah satu hingga dua gelas setiap harinya usai bangun tidur dengan tujuan mengganti cairan yang telah hilang selama proses metabolisme. proses tersebut akan jauh lebih cepat jika meminum air hangat

2. Minum segelas Sebelum Mandi 

Minumlah air putih hangat satu gelas sebelum mandi. mungkin memang kamu tidak akan merasakan efeknya, tapi air putih hangat akan membuat tubuh merasa lebih ringan dan seimbang dan dapat melebarkan pembuluh darah. hal itu akan berpengaruh pada tekanan darah.

3. Minum segelas Sebelum Makan 

Konsumsilah 1 gelas air putih 30 menit sebelum makan. ini akan berfungsi membantu pencernaan lebih baik dan juga membantu menahan nafsu makan sehingga makan tidak berlebihan.

Patut di perhatikan jika mengkonsumsi air putih saat makan justru akan berakibat buruk dan menjadi kurang efektif untuk pencernaan. maka berikan jeda waktu 30 menit agar nutrisi dapat di serap oleh tubuh

4. Miunum 2 Gelas Saat Sore 

Sore hari adalah waktu dimana konsentrasi menurun. di saat inilah fungsi organ tubuh seperti otak, dan syaraf mulai menurun.Hal ini karna otak dan syaraf bergantung kepada cairan dalam tubuh, dalam tubuh itu terdapat 70% cairan.

Jika tubuh kekurangan cairan ini akan berakibat kelelahan, sakit kepala masalah tidur, depresi dan lainnya. jagalah koordinasi syaraf dan kinerja otak dengan mengkonsumsi dua gelas atau lebih air putih sehingga mampu menjaga kondisi otak dan syarat menjadi lebih baik.

5. Cukupi air putih sebelum dan setelah Olahraga 

Untuk kamu yang ingin melakukan olahraga dengan diiringi diet air putih, maka hal ini wajib kamu lakukan kamu harus mengkonsumsi 2-3 gelas dalam waktu 30 menit, hal ini bisa kamu cicil selama olah raga, tergantung intensitas olahraga yang kamu lakukan.

Sambil meregangan otot kamu bisa meminum air putih untuk mengembalikan stamina serta asam laktat yang ada pada tubuh juga akan terbuang  sehingga mencegah terjadinya keram otot.
Namun jangan sampai terlalu banyak minum air putih saat habis olah raga.
Hal itu malah akan berakibat buruk untuk tubuh.


6. Minum Banyak Air putih saat kondisi tubuh Drop atau menurun 

Saat sedang sakit atau hampir sakit, imun tubuh akan bekerja keras melawan penyakit.
Di sisi lain, proses ini membuat nutrisi dalam tubuh akan semakin berkurang lantaran metabolisme atau pembakaran tubuh semakin cepat dan selera makan akan menurun

Dengan konsumsi air putih dapat memberikan peningkatan asupan cairan dalam tubuh dan akan membantu proses pembakaran yang akan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat mengalahkan bakteri atau penyakit di dalam tubuh.

Itulah manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh kita yang terkadang kita tidak menyadarinya.

Sumber : 
Dari berbagai sumber dengan sedikit penyesuaian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PESONA PULAU NATUNA,SI CANTIK DARI UTARA INDONESIA

Billboard berisi pesan Nabi dalam menghadapi wabah dipajang di Chicago, AS