Lebih Baik Mantan Maling Daripada Mantan Kyai

Saya punya beberapa teman yang saya pikir, mereka dapat hidayah dari Allah. Mungkin Allah memberi hidayah melalui teguran kejadian, atau lewat kata-kata seseorang, atau apa saya nggak tau. Nggak terlalu penting sih untuk tau dapatnya melalui apa, yang penting beberapa temen saya itu bisa berubah !! Mereka yang dulunya begajul bandel nggak karuan, sekarang lurus lempeng kayak jalan tol… Ada tiga orang temen saya yang saya anggap sekarang jadi “berubah”: Pertama, seorang anak band, aliran rock nyerempet metal !! Dia pemain bass. Aliran musiknya cukup menaikkan adrenalin, dan lagunya cukup oke.. Nggak salah kalau dulu lagunya sempat masuk ke dalam top ten sebuah radio lokal.. “Kalo bawain lagu tuh enaknya sambil tenggeng… mabok dong cooyy.. mabookk.. baru tuh asyiikk”... Gitu dia bilang.. Urusan sholatnya saya nggak tau deh… mungkin ancur jugak… Tapi nggak tau kapan itu saatnya, semenjak HENSHIN !!  / berubah - dalam bahasa jepang.. (hehe..) Sholat nggak pernah tinggal, pegang alat musik nggak lagi, apalagi manggung.. Total dia tinggalkan itu rimba kelam permusikan. Ringtonenya jadi lagu nasyid atau ayat suci, rutin ikut pengajian yang skala besar seminggu sekali, dan kejujuran dia junjung tinggi.. Beda banget deh pokoknya.. Terakhir tahu kabarnya, dia sudah berwirausaha secara halal. Kedua, seorang preman. Melihat garis muka dan penampilannya secara sekilas, orang bisa salah persepsi mengira ini orang rampok atau preman. Memang benar sih, dulunya dia memang preman. Saat SMA dulu, saking giatnya ikut “ekskul” preman, dia jadi pernah nggak naek kelas… Mabok dan judi sudah jadi teman akrab. Sekarang semuanya dia tinggalkan, buku-buku religius mulai banyak dia baca meskipun minjem atau baca di rumah teman… Ketiga, saya kenal udah lama, tapi nggak akrab, cuman tau nama, kejadiannya juga udah lama.. Cuman dulu pas baru kenal, gosipnya ini anak jago ngaji, tapi maen perempuan juga ayok. Saya denger sendiri pas lagi ngumpul sama dia dulu, saat itu dia ngomong: “Lagi nggak ada duit neh gue, kalo ada mah gua udah cari cewek..” Terus kemudian dilanjutkan dengan cerita seronok pengalaman pribadi dia yang sangat tidak layak untuk saya tulis disini.. Nggak tau setelah beberapa tahun kemudian, nggak disangka, saya jadi sering lihat orang ini melakukan sholat berjama’ah di masjid komplek saat waktunya sholat Isya. Lama sering lihat di masjid, akhirnya saya dan beberapa teman saya yang lain jadi mengajak dia ngobrol. Saya nggak tahu kenapa dia bisa berubah.. Yang jelas dia bilang saat itu dia menyesal atas apa yang dia perbuat.. Yang saya ingat sampai sekarang, dia pernah ngomong begini: “Haduuhh.. dulu kacau banget dah.. Saya sholat dalam setahun itu bisa dihitung pake jari..”.. Terakhir saya tau kabarnya, dia sudah buka lapak “nomaden” berjualan pakaian, dan sampai sekarang saya nggak tau lagi kabarnya.. Mungkin judul postingan saya ini berlebihan. Mantan maling memang banyak, tapi mantan kyai saya jarang dengar… Yang jelas kalau sudah diberi nikmat iman, mbok ya minimal dipertahankan, lebih baiknya yah ditingkatkan. Jangan malah “kendor” dan turun ke kondisi yang lebih buruk. Memang Allah menciptakan manusia dalam keadaan labil, iman kondisinya naik turun. Tapi semestinya kalau kita “zoom out” grafik keimanan kita, naik turunnya selayaknya membentuk grafik tren kenaikan. Meski ke depannya saya nggak tau tiga orang teman saya ini bakal gimana, bisa tetap istiqomah / konsisten atau nggak, tapi saat ini mereka sudah menjalankan sebuah pesan Rasulullah: “Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin..”


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PESONA PULAU NATUNA,SI CANTIK DARI UTARA INDONESIA