MANFAAT TANAMAN HARENDONG UNTUK KESEHATAN

Apakah Anda tahu tanaman Harendong? Tanaman yang satu ini sangat mudah ditemukan terutama di kawasan perkampungan. Beberapa orang sering menjadikan Harendong sebagai lalapan nasi dan sambal karena rasanya yang enak dengan baunya yang khas. Tanaman yang juga dikenal dengan nama Senggani ini, biasanya tumbuh di kawasan yang mendapatkan sinar matahari yang cukup seperti lereng gunung, daerah semak belukar yang tidak terlalu rimbun, dan lainnya. 
Apa saja manfaat harendong untuk kesehatan Anda?

Anda tentu tidak menyadari bahwa tanaman ini memiliki beragam jenis manfaat alami. Namun, perlu diketahui tanaman herbal hanya bekerja sebagai alternatif pengobatan yang mendukung pengobatan medis
MANFAAT HARENDONG UNTUK KESEHATAN


Harendong tumbuh pada ketinggian di atas 1.650 meter di atas permukaan air laut. Cirinya dapat dikenali dari fisiknya yang tegak, dengan ketinggian antara 0,5 sampai 4 meter, bersisik, memiliki banyak cabang, dan berambut.

Daunnya sendiri tunggal, memiliki tangkai, dan letaknya berhadapan bersilangan. Sedangkan, helai daunnya berbentuk bundar telur, ujungnya lancip, tepiannya rata, dan permukaannya berambut pendek. Buahnya yang masak tampak merekah dengan warna ungu kemerahan.

Komposisi kandungan kimia yang terdapat di dalam Harendong antara lain  berupa saponin, tanin dan flavonoid. Banyak penyakit yang bisa disembuhkan oleh tanaman Harendong, mulai dari hepatitis, diare, basiler, sariawan, haid yang berlebihan, perdarahan pada bagian rahim, keracunan, berak darah, wasir darah, sariawan, dan lainnya.

Bagian tanaman yang bisa dimakan ialah daun, buah, akar dan bijinya.
Wow, ternyata cukup banyak juga ya penyakit yang bisa disembuhkan dengan tanaman Harendong ini.


PENGOBATAN DISENTRI BASILER

Jika Anda kebetulan sedang mengalami penyakit disentri yang tak kunjung sembuh, maka bisa coba diobati dengan menggunakan tanaman Harendong ini.

Cukup siapkan aseman dan daun Harendong secukupnya untuk direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa sekitar 1 gelas saja. Setelah air rebusan tersebut dingin, minumlah sekaligus. Lakukan hal tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.


PENGOBATAN SARIAWAN

Untuk mengobati penyakit sariawan, Anda juga bisa menggunakan daun Harendong yang dicuci sampai bersih. Kemudian, bilaslah dengan air matang. Setelah dibilas, kunyahlah daun Harendong dengan campuran sedikit garam dan telanlah.
Anda hanya cukup menggunakan 2 lembar daun harendong yang sudah dicuci bersih dan dibilas dengan air hangat guna melunakan tekstur.


MENGOBATI BISUL


Pengobatan bisul juga bisa dilakukan dengan daun Harendong dengan cara merebusnya sampai air rebusannya tersisa sedikit. Nah, air rebusannya itu diminum, kemudian ampasnya dibubuhkan pada bisul. Lalu, balutlah supaya daunnya tidak tercerai-berai.
Caranya dengan menyiapkan 50 gram daun harendong yang dicuci, lalu direbus. Tunggu hingga air rebusan berubah warna menjadi pekat, kemudian matikan api dan hidangkan. Ampasnya dilumatkan untuk dijadikan masker pada bisul.


MENGOBATI DIARE


Untuk mengobati diare, Anda cukup menyiapkan daun Harendong muda 1 genggam, tiga lembar daun Sembung, dan buah Manggis sebanyak 5 gram saja.
Semua bahan-bahan tersebut dicuci bersih dan kemudian rebuslah dengan air sebanyak 1 setengah gelas air bersih sampai akhirnya tersisa ½ gelas saja. Setelah airnya dingin, saringlah untuk kemudian diminum sebanyak 3 kali setiap harinya.


MENGOBATI KEPUTIHAN


Anda keputihan? Upaya penyembuhannya bisa dilakukan dengan tanaman Harendong. Anda cukup menyiapkan sebanyak 2 genggam daun Harendong, berikut Bangle dan Jahe seukuran ibu jari.
Cuci bersih dan kemudian potong-potong seperlunya. Kemudian, masukkan 3 gelas air dan juga satu sendok makan cuka. Lalu, rebuslah sampai akhirnya tersisa sekitar 2 gelas lagi.

Setelah airnya dingin, saringlah dan minum sebanyak 2 kali dalam sehari. Anda harus minum masing-masing satu gelas tiap kali. Jika Jahe atau Banglenya habis, maka Anda bisa menggantinya dengan 3 kuncup Cempaka dan 3 biji Pinang yang sudah tua.

MENGOBATI KERACUNAN


Siapkan daun Harendong sekitar 60 gram untuk direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tinggal tersisa satu gelas saja. Setelah dingin, saringlah untuk diminum.
Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba menetralkan racun dengan cara ini. Terkadang jenis racun tidak selalu dapat diatasi oleh tanaman ini.

Itulah beberapa khasiat tanaman Harendong, yang ternyata cukup banyak juga. Anda boleh percaya atau tidak, boleh menggunakannya atau tidak, namun untuk membuktikan kebenaran khasiatnya, barangkali tidak ada salahnya untuk dicoba.

Perlu diingat bahwa pengobatan herbal merupakan alternatif pengobatan yang bersifat mendukung. Pengobatan medis dan pemeriksaan dokter merupakan hal yang perlu diupayakan pertama kali. Setelah itu herbal dapat digunakan guna mendukung pemulihan diri.


Catatan :
Kami tidak memberikan saran medis, diagnosis, dan pengobatan medis. Informasi yang tertulis pada artikel ini berasal dari berbagai literatur kesehatan, pengalaman pengguna herbal, pengalaman penulis, dan tidak ditulis oleh dokter. 

Apabila Anda memiliki masalah kesehatan, konsultasikanlah segera dengan dokter, hanya dokter yang berwenang untuk mendiagnosa, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit.

Tidak ada produk herbal yang disebutkan dalam artikel ini yang dimaksudkan untuk menggantikan perawatan kesehatan dari dokter atau untuk menggantikan saran maupun resep dokter. 
Hasil yang didapat oleh pengguna produk herbal dapat berbeda untuk setiap orang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PESONA PULAU NATUNA,SI CANTIK DARI UTARA INDONESIA